Journey keluarga Lucuk

Karena Delivery Melulu, Menantang Diri Bikin Makanan atau Minuman Baru Selama 30 Hari

Sebelum gue menikah, hampir tiap hari gue pasti delivery makanan menggunakan Go-Food atau GrabFood. Kadang rasanya pengen masak sendiri biar lebih sehat dan nggak boros, tapi karena sehari-hari sambil kerjain kerjaaan buat klien ahensi jadinya suka berasa capek kalau harus masak lagi. Yaudahlah duit sendiri dan hidup sendiri ya bebas bagai burung cuy. Kadang sampe bingung mau pesan makanan apa padahal banyak pilihan di aplikasi.

Cuci piring
Apalagi kalo masak, cucian numpuk. Sakit pinggang nggak lihatnya?

Tiba-tiba pandemi Covid-19 merajalela, jadi ada rasa khawatir untuk makan makanan dari delivery karena menyentuh kantong plastik paketnya saja gue takut. Untungnya suami gue suka masak jadi kita sepakat belanja mingguan dan biasanya kita ganti-gantian masak. Btw dia lebih sering dan niat masak dibanding gue, dan hasilnya enak semua.

Dan gara-gara Covid-19 gue sempet stres gundah gulana di apartemen, mencoba beradaptasi bertahan hidup di tengah situasi ini. Apa aja yang bikin stres? Nggak jadi honeymoon, nggak bisa keluar apartemen, khawatir akan hari esok, 2 klien nge-cut projek karena mereka kena efek pandemi, dst. Bete bets.

Tapi banyak hal juga yang positif. Misalnya, jadi lebih sering baca buku, nge-cut hubungan sama toxic people, hapus-hapusin subscribe apps yang nggak perlu, dst. Spark joy! Ahhh gue pengen nyobain hal baru!

Terus gue random pengen coba masak makanan baru dan menantang diri gue masak menu yang nggak pernah gue bikin, selama 30 hari! Dimulai dari 28 Mei 2020.

#MenantangDiriMasakMenuBaru30Hari

Dan tentu saja di tengah jalan menghasilkan masakan yang gagal total! Dan ada beberapa hari skip karena berbagai alasan seperti sudah kenyang karena makan makanan dari luar, masak comfort food yang bukan resep baru. Ada ajalah halangan dan rintangannya macam Tong Sam Cong ambil kitab suci ke Barat. Tapi hasilnya not bad! Dari 54 hari, gue bikin 30 makanan atau minuman baru! Achievement banget ini buat gue.

1. Hari pertama: Nasi KFC Rice Cooker

Gue coba bikin Nasi KFC Rice Cooker yang viral banget pake resepnya Chef Yuda Bustara dari Youtubenya. Emang sudah diniatin beli KFC dari hari sebelumnya. Bikinnnya gampang banget tinggal mengikuti videonya si chef, dan gue tambahin lada putih. Hasilnya menurut gue enak. πŸ™‚

2. Hari ke-2: Sapo Tahu Kangkung Udang.

Di hari ini tergoda banget buat nggak masak. Deadline proposal ditungguin klien cuy!!!! Eh tahu-tahu udah kelar, nggak ada alasan nggak masak 😦 Hahaha.

3. Hari ke-3: Sup Krim Jamur.

Resepnya gue ngikutin dari link Youtube ini, tapi dimodif dikit.

4. Hari ke-4: Creamy Garlic Chicken Breast.

Resepnya gue coba dari video Youtube ini,Β tapi diubah dan disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Untuk marinasi ayamnya gue tambah bubuk paprika dan sausnya langsung pakai sisa sup krim yang kemarin (ada jamurnya pula enak bet!). Karena sausnya ditambah keju jadinya enak sebagai lauk tapi kalau digadoin jadinya keasinan.

5. Hari ke-5: Sapo Tahu Perut Ikan.

Sebenarnya prinsip cara masaknya mirip dengan sapo yang gue buat sebelumnya, tapi dibanyakin jenis sayur dan kali ini menggunakan perut ikan yang sehat dan enak.

6. Hari ke-6: Choi Pan.

Referensi resepnya gue pake dari video Youtube ini tapi dimodif lagi. Ini mau nangis banget sih pas bikin kulitnya udah gagal untungnya dibantuin suami sampe ada bentuknya. Jadi bikin isinya perfect, tapi kulitnya akhirnya terlalu kenyal. Laen kali kalau pengen makan ini mendingan gue beli aja! Hahaha.Β 

7. Hari ke-7: Nasi Ayam Singapur.

Coba bikin dengan referensi dariresep Chef Devina Hermawan tapi takarannya ada diubah dikit dan ditambah jamur Shitake. Hasilnya ada nasi yang nyelip di ayam dan di bawahnya kurang matang dikit sisanya endes!

8. Hari ke-8: Nasi Liwet.

Ini parah sih. Gue bakalan lebih sering bikin nasi liwet. Segampang dan seenak itu jadinya! Resepnya gue pake referensi dari sini.

9. Hari ke-9: Kimbab.

Sebahagia itu makan kimbab, apalagi dengan keadaan terkurung di rumah kayak gini. Asiknya tuh kayak semua yang dibutuhin ada dalam 1 suap. Sayur, daging, karbohidrat dst dengan wangi minyak wijen. Sebenarnya gue udah pernah bikin kimbab, tapi yang mau gue eksplorasi itu gimana cara bikin bayam ala koreanya itu. Untuk resep kimbab gue pakai referensi dari sini walau isinya gue pakai yang ada di rumah, dan untuk resep bayamnya dari sini.

10. Hari ke-10: Martabak Manis.

Bikinnya pake referensi resep dari Chef Devina Hermawan. Hasilnya setengah jadi setengah kurang mengembang, mungkin karena nggak pakai kompor elektrik jadinya panas tidak merata.

11. Hari ke-11: Eggplant Soy Souce dan Vegetable Pancake Korea.

Referensi resep vegetable pancake: di sini.

Referensi resep eggplant soy souce: di sini.

12. Hari ke-12: Es Kopi Starbucks.

Referensi resepnya dari sini.Pas awal rasanya enak, pas es batunya pada cair karena minumnya kelamaan jadinya udah zonk! Hahaha.

13. Hari ke-13: Nasi Gurih Tomat.

Sudah lama banget pengen coba bikin ini sejak ketemu resepnya di sini. Untuk sayurnya gue ganti brokoli karena di rumah adanya itu. Hasilnya enak, tapi sayang si brokoli terlalu lembek. Kita makan pakai ayam goreng kuning dari Aroma Masakan Tetangga, enak banget!

14. Hari ke-14: Kaldu Udang Bubuk.

Keliatan kan kalo ini gagal total! Hahaha. Tadinya mau bikin kaldu udang kayak di video ini, tapi hasilnya bikin 1 apartemen bau gosong seharian! Gapapa, besok-besok coba bikin lagi!

15. Hari ke-15: Udang Goreng Mayones.

Lumayan bangga sama hasilnya. Walau sausnya manis banget jadinya kurang cocok sama selera gue yang nggak terlalu suka manis, tapi udah legit bangetlah!

Lagi-lagi masakan gue coba bikin dari resep chef Devina Hermawan yang ada di Youtubenya.

16. Hari ke-16: Udang Goreng Saus Singapura.

Referensi resepnya dari sini,Β overall puas banget. Walaupun tanpa saus, si udang goreng aja udah enak banget parah!

17. Hari ke-17: Es Kopi Milo.

18. Hari ke-18: Pai Susu Milo.

Resepnya lagi-lagi dari Youtube di link ini. Tapi hasil flanya menurut gue terlalu manis.Β 

19. Hari ke-19: Lidah Kucing.

Tadinya gue mau pakai resep dari Youtubenya Farah Quinn yang kece badai itu, tapi nggak bisa karena ternyata resepnya pakai mixer pada proses pembuatannya. Karena gue nggak punya mixer, jadi gue cari resep spesifik dan nemu yang judulnya: “MEMBUAT KUE KERING TANPA MIXER TANPA CETAKAN LIDAH KUCING ORIGINAL RASA MONDE || KUE LEBARAN 2020” di Youtube hahaha.Β 

Pas gue ikutin resep dari sini hasilnya enak banget! Cuma buat laki gue katanya terlalu manis, dia maunya sedikit lebih asin.Β 

20. Hari ke-20: Nasi Goreng Kimchi.

Bener-bener gue ikutin dari Youtubenya William Gozali, cuma proteinnya gue ganti pake yang lagi ada di rumah.

 

21. Hari ke-21: Custard Caramel Puding.

Gue pakai resep dari Youtube Trivina Kitchen di sini,Β Hasilnya amaze banget gue langsung berasa achievement gitu hahaha. Tapi next time susunya mau gue ganti kayaknya bakalan lebih enak.Β 

22. Hari ke-22: Kerang Hijau ala Warteg.

Referensinya dari Youtubenya Koko Kuliner di link ini.Β Senang banget sama hasilnya. Asli sudah lama banget nggak makan ini. Dulu mah sehari-hari di warteg atau kantin karyawan buat bisa makan ini. Hasilnya 11-12 lah rasanya!

23. Hari ke-23: Lidah Kucing Asin.

Dari resep yang sebelumnya gue coba, diimprove ke asin karena laki gue demen asin. Jadi gurih-gurih lucu hasilnya.

24. Hari ke-24: Rice Sandwich Onigirazu.

Karena kangen banget sama Jepang, dan random nemu resep ini di Youtube, langsung cus bikin. Jadi, Rice Sandwich Onigirazu ini kombinasi onigiri dan sandwich. Hasilnya? Endes!Β 

25. Hari ke-25: Kembang Tahu.

Ngikutin dari resep ini di Youtube, hasilnya kurang puas karena kuahnya kurang pedes! Lain kali bakalan gue lipatgandain junlah jahenya sampai tumpe-tumpe!

26. Hari ke-26: Minched Chicken Jigae.

Pengen banget makan kuah panas Korea, tapi bikin dengan bahan yang ada di kulkas aja. Awalnya deg-degan bisa enak nggak ya coba pakai ayam cincang, ternyata enak! Referensi resepnya dari sini ya.

27. Hari ke-27: Nasi Tim Ayam Kaldu Sayur.

Plang plung plang plung ajalah dari sisa makanan di kulkas. Untung jadinya enak hahaha.

28. Hari ke-28: Cold Brew Tea.

Bikin ini karena laki gue lagi demen banget minum teh dingin, tapi kalau jajan teh botolan di minimarket kan harganya 10 ribu banget ya, jadi biar irit gue coba bikin aja karena stok teh gue lumayan banyak.Β  Referensi resepnya ngikut master dari sini.

29. Hari ke-29: Terong Goreng Cabai Garam.

Karena laki gue sudah jago bikin ini, dia bantuin dan ngajarin gimana bikinnya. Hasilnya memuaskan!

30. Hari ke-30: Chia Ginger Peanut Pudding.

Referensi resepnya dari sini. Sebenarnya hasilnya not bad, tapi not kind of pudding yang gue suka, gue mah dikasi Nutrijel aja udah seneng.


Begitulah hasilnya. Apakah setelah ini gue makin rajin masak? Nggak juga, barusan gue delivery Yoshinoya hahaha. Tapi masak emang seru kok dan kita jadi tau persis bahan yang diolah dan dikonsumsi pasti yang bersih dan sehat gitu.Β 

Pengalaman masak kalian gimana? Ada resep seru? Bagi di komentar plissssss.Β 

 

 

 

 

 

5 comments on “Karena Delivery Melulu, Menantang Diri Bikin Makanan atau Minuman Baru Selama 30 Hari

  1. Klo aku suka belajar masak pas hamil anak pertama dulu. Euforia tinggal sendiri n di apt. dapurnya bagus, hahaha. Alhasil anakku yg pertama ini skrg suka ngajakin bikin2 kue, dia enjoy prosesnya. Resepnya aku mostly sih dari blog JTT ya.

    Liked by 1 person

  2. Luar biasa banget, semoga tetep rajin masak setelah pandemi.

    Kami disini masak tiap hari, makan keluarnya pas wiken aja, klo ga bangkrut hahaha. Karna bosen masak itu2 lagi kami abonemen meal box yang ingredients dan resepnya udah tersedia, jadi tinggal dilakoni, so far asik, jadi kami tetep subscribe.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: