brand featured review

Review ONYX BOOX Nova Pro 7.8 inch Android E-ink Reader – Bahasa Indonesia

Gue baru beli ONYX BOOX Nova Pro 7.8 inch – Android E-ink Reader buat baca buku digital. Sekarang perasaan gue sesayang itu sama perangkat ini hahaha.

Tahun lalu gue beli All New Kindle Paperwhite yang 8 GB untuk device e-Reader. Untuk baca buku yang text based gue happy banget pake Kindle Paperwhite, apalagi enteng, baterainya super awet dan gampang dibawa kemana-mana. Tapi ada beberapa hal yang gue merasa butuh dan belum terakomodasi dengan baik di perangkat ini. Plus minus pengalaman gue menggunakan Kindle sudah gue review di sini ya.

Sekarang gue mau fokus mereview ONYX BOOX Nova Pro 7.8 inch Android E-ink Reader.

Screen Shot 2020-07-29 at 08.27.36
Untuk spesifikasi, kalian bisa cek di website resminya ya di sini. (Source picture)

Dan untuk review fitur berupa video yang sudah beredar di Youtube juga sebenarnya banyak banget, salah satunya gue share di sini ya.

Nah jadi kalau untuk spesifikasi, kalian bisa cek masing-masing source yang sudah gue kasih di atas ya. Mau bandingin spesifikasi Onyx Boox Nova Pro sama Kindle juga reviewnya bisa dicari di youtube banyak.

Nah gue sendiri ada beberapa alasan kenapa beli Onyx Boox Nova Pro:

  • Di Kindle paperwhite, cuma bisa beli buku dari Amazon. Ketika gue beli buku di Google Play dan masukin sebagai file pdf ke Kindle, hasilnya kurang optimal karena tulisannya jadi kekecilan. Sebenarnya halaman pdf-nya bisa dizoom tapi berasa ribet aja gitu. Dan sebenarnya file pdf bisa diconvert jadi format mobi dengan aplikasi Calibre biar bisa friendly menggunakan fitur Kindle, tapi biasanya filenya jadi agak berantakan layoutnya.Nah di Onyx Boox Nova Pro, gue bisa install beberapa aplikasi lain untuk beli dan baca buku.
  • Mau layar bisa diatur warm light biar mata nggak lelah hayati.
  • Layar Onyx Boox Nova Pro lumayan gede, 7,8″ jadi harusnya lebih enak buat baca majalah, komik dan file buku digital yang dibeli di berbagai source dengan format pdf.
  • Sekali lagi, bisa baca komik dengan nyaman tuh penting banget hahaha.

Oke gue mulai review ya si ONYX BOOX Nova Pro 7.8 e-reader.

  1. Bisa install banyak aplikasi.apps
    Yang sudah gue coba install selain aplikasi Kindle, ada Gramedia Digital, Google Play Book, Ipusnas buat minjem buku digital dari Perpustakaan Nasional dst. 
  2. Ukuran layarnya lumayan lebar dan enak buat membaca.Dari segi berat sih Kindle lebih enteng. Untuk ukurannya gue kasih perbandingan dengan Kindle Paperwhite gue ya. Gue share gimana kalau sama-sama buka aplikasi Amazon Kindle dan membaca buku yang sama.Ukuran Onyx Boox Nova Pro
Ukuran Onyx Boox
Ini perbandingan ukurannya dengan telapak tangan gue. Lalu gue coba simulasiin gimana sih kalau baca majalah di Onyx Boox Nova Pro? Buat contoh kita lihat majalah Forest Digest yang bisa kalian download juga di sini ya.
onyx boox
Ternyata untuk konten dengan layout majalah umum, ukuran text masih nyaman untuk dibaca di layar 7,8″. Plus ada beberapa fitur untuk kita menyesuaikan file ini biar lebih enak di mata ketika membaca.
Majalah Tempo
Ketika gue coba baca majalah dari aplikasi TEMPO juga enak nih.
Komik
Gue coba baca Pythagoras di Gramedia Digital. Fix ini ukurannya buat baca komik enak banget.
komik1
Tapi tergantung ukuran panel komiknya deng, kalau kekecilan juga tetap saja kurang oke oce (walau bisa dizoom yak).

3. Banyak fitur pengaturan yang bisa kita gunakan untuk menyesuaikan file yang dibaca bisa membuat kita nyaman.

slide
Contohnya, ketika baca file pdf kita bisa bikin jadi slideshow dengan mengatur jarak interval detiknya. Banyak deh yang bisa disetting-setting.
notes
Nah pena stylus Wacom yang kita dapat bukan buat dianggurin. Bisa dipakai buat bikin notes langsung di file yang dibaca, atau corat-coret di aplikasi notesnya juga bisa. Fungsi pen pressure kayak Wacom tablet yang biasanya buat gambar juga ada.

 

4. Fitur bawaan aplikasi pihak ke-3 juga tetap berlaku di Onyx Boox Nova Pro. Walaupun nggak semuanya kompatibel maksimal.

word wise1
Cobain fitur word wise di aplikasi Kindle coba. Mantep gak?
Word Wise copy
Bisa! Malah setting-setting lainnya juga tetap bisa diatur kayak di Kindle.
audio book
Untuk aplikasi Audible (Amazon audio book) di sini terpisah dari aplikasi Kindlenya. Untuk testing, gue coba connect Onyx Boox Novaa Pro ke speaker bluetooth dulu
audio book copy
Sebenarnya untuk beberapa fitur berfungsi. Misalnya melihat chapter, forward dst. Tapi jujur gue agak bingung sama UI/UX nya. Terutama gue bingung mau pause audio booknya tuh dimana sih?
audio
Setelah mencari, gue nemunya malah dari toolbar diklik, terus baru ketemu menu untuk play dan pause audio booknya. Ini gue nggak tahu sih ada shortcut lain atau nggak?
gramedia digital
Pas nyobain baca buku di aplikasi Gramedia Digital juga enak
Perpusnas
Ipusnas contoh aplikasi yang menurut gue masih harus didevelop lagi UI/UX nya. Suka eror dan masih kurang nyaman untuk membaca. Tapi kalau niat sih tetep bisa nih lumayan kan minjem buku legal gratis.

 

5. Ada menu feedback untuk kita komplain atau bertanya ke developer Onyx Boox.

feedback
Pertama gue terima device gue, gue coba masukin file pdf dari Macbook ke sini lewat colokan kabel tapi devicenya nggak kebaca. Lalu gue bertanya ke toko tempat gue beli Onyx Boox Nova Proini kira-kira kenapa gini ya? Sambil dicarikan solusinya, gue disuruh menyampaikan keluhan di menu feedback langsung juga. Ternyata dijawab dong dan sekarang device gue udah bisa connect ke Mac pake kabel! Keren bets.

 

6. Sebenarnya kalau hanya digunakan untuk baca buku yang sudah ada di device ini, baterainya awet banget. Kira-kira mungkin bisa tahan hampir seminggu. Tapi kalau melakukan transfer file apalagi download buku seharian, baterainya habis cepat sekali.

7. Ini enak banget di mata, anti glare (jadi kalau baca dan kena pantulan cahaya nggak ngaruh kesilauan karena efeknya seperti kertas) dan sentuhannya pun seperti kertas. Puas bets.

8. Buat harga, gue beli di YUMart (Tokopedia) seharga Rp4.280.000 (tapi sama ongkir sekitar 4,4 juta). Tapi buat gue ini worth banget sih. Btw gue beli di sini karena direkomendasi oleh teman-teman di komunitas Forum Kindle Indonesia jadi gue percaya dan ternyata tidak menyecewakan, malah memuaskan banget. Pelayanan tokonya bagus, pengiriman cepat dan after salesnya juga bagus. Kupuas :’)

Kesimpulannya, gue puas banget sama ONYX BOOX Nova Pro 7.8 inch Android E-ink Reader. Lengkap banget di 1 device e-Reader, yang bikin betah baca tapi mata nggak cepet lelah lesu lemas. Malah gosipnya Onyx bakalan mengeluarkan e-reader yang berwarna, patut ditunggu banget sepertinya. Hayoloh, siapin dompet tebel dah ye.

 

 

2 comments on “Review ONYX BOOX Nova Pro 7.8 inch Android E-ink Reader – Bahasa Indonesia

  1. Kak mau nanya ini kalau dipakai buat baca jurnal ilmiah dari scopus, j – stor, emerald etc bisa tidak ya?

    Liked by 1 person

    • Belom pernah coba, scopua itu website or gmn? Basically device ini ada browser dan bisa download aplikasi di google Play jadi bisa buat third party 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: